Home » » KETURUNAN ARAB - Nama Marga Arab / Fam arab

KETURUNAN ARAB - Nama Marga Arab / Fam arab


K eturunan Arab di Indonesia, Saking banyaknya sudah tidak dapat di jumlahkan pasti berapa jumlah total sebenarnya, Selain karna banyaknya Sesepuh yang hijrah dari tanah arab ke negeri ini, dan belum berhentinya hingga sekarang pernikahan antara negara yang kebanyakan setelah menikah mereka menetap di Indonesia karna terikat bisnis/usaha atau lainnya.

KETURUNAN SUKU ARAB,-


Mungkin hingga saat ini, kita bertanya-tanya apakah masih ada keturunan Arab dan bagaimana mungkin masih ada hingga zaman sekarang..?? Tentu pertanyaan ini sangat aneh jika didengar, Apakan lagi jika yang bertanya adalah seorang Pelajar ataupun seseorang yang mengklaim dirinya sebagai guru Agama. Yang pasti untuk menjawabnya secara detail dan luas kita akan memakan waktu yang cukup lama, Namun siapapun butuh keterangan singkat namun padat yang mudah dimengerti. 
Beberapa Ayat menjelaskan tentang bangsa / suku untuk saling mengenal dan berbaur antara satu suku dengan suku lainnya, sebagaimana firman Allah SWT: 
يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُم مِّن ذَكَرٍ وَأُنثَى وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ 
"Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal". 
Dan mengapa kita hingga zaman sekarang harus terus belajar dan mencari tahu Nasab silsilah asal keturunan kita, tidak lain untuk menjalin Ukhuwah tali persaudaraan kekerabatan bukan untuk Ta'ashubiyyah (membanggakan nasab). 
Imam Tirmidzi meriwayatkan dari Abu Hurairah dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: 
(تعلموا من أنسابكم ما تصلون به أرحامكم فان صلة الرحم محبة في الأهل مثراة في المال ومنشأة في الأثر (رواه الترمذي 
"Pelajarilah Nasab keturunan Kalian, Apa apa yang bisa/dapat membantu menyambung Sillaturrahim kalian,Karna manfaat menyambung Sillaturrahim itu, mampu menambah kecintaan didalam keluarga dan memperbanyak harta, serta dapat memperpanjang umur." 
(Diriwayatkan Imam At-turmudzi). 
Adapun Suku Arab di Indonesia adalah penduduk Indonesia yang memiliki keturunan etnis Arab dan etnis pribumi Indonesia. Pada mulanya mereka umumnya tinggal di perkampungan Arab yang tersebar di berbagai kota di Indonesia -- misalnya di Jakarta (Pekojan), Bogor (Empang), Surakarta (Pasar Kliwon), Surabaya (Ampel), Gresik (Gapura), Malang (Jagalan), Cirebon (Kauman), Mojokerto (Kauman), Yogyakarta (Kauman) dan Probolinggo (Diponegoro),dan Bondowoso -- serta masih banyak lagi yang tersebar di kota-kota seperti Pontianak (Kampung Arab), Palembang, Banda Aceh, Sigli, Medan, Banjarmasin (Kampung Arab), Makasar, Gorontalo, Ambon, Mataram, Kupang, Papua dan bahkan di Timor Timur dan masih banyak lagi di setiap Provinsi Indonesia. 
Secara Umum Orang berkuturunan arab dibagi menjadi 2 golongan: Gahtan dan Adnan. Gahtan merupakan putra arab asli, keturunan Nabi Nuh, salah satu anak dari gahtan bernama Hadhramaut. Keturunan Gahtan banyak terdapat di Yaman, terutama yaman selatan. Adnan merupakan keturunan Nabi Ismail. Salah satu keturunan Adnan adalah Nabi Muhammmad SAW. 
Marga Arab Hadramaut merujuk kepada nama keluarga atau marga yang dipakai oleh keturunan bangsa Arab, yang berasal dari daerah Hadramaut di Yaman, yang letaknya di Jazirah Arab bagian selatan. 
Berdasarkan asalnya, marga Arab Hadramaut umumnya dapat dibagi menjadi 2 golongan; yaitu marga-marga keturunan suku Arab Yaman asli (yang mana merupakan keturunan arab asli yang nasabnya bersambung ke Hadhramaut bin Gahtan, keturunan dari Nabi Nuh) dan marga-marga suku Arab pendatang yang dipercaya memiliki garis keturunan Nabi Muhammad (Alawiyyin), melalui jalur Ahmad bin Isa al-Muhajir yang hijrah ke Yaman sekitar tahun 319 H (898 M). 
Kabilah Arab dari Hadramaut diperkirakan telah datang ke Indonesia sejak abad ke-13. Sedangkan ada beberapa marga yang di Hadramaut sendiri sudah hampir punah, misalnya seperti Basyeiban dan Haneman, Namun di Indonesia masih dapat ditemukan. Hal ini karena keturunan Arab Hadramaut di Indonesia saat ini diperkirakan jumlahnya lebih besar daripada di tempat leluhurnya sendiri.  (diambil beberapa referensi).
Jika Anda berminat, Silahkan klik disini Untuk mendaftar menjadi Pengguna Jasa Internet Tanpa Batas/Download Sepuasnya,Saewad Net

0 komentar:

Posting Komentar

Pembaca budiman,Semua yang hidup pasti meninggalkan jejak. Berikan komentarmu walau sekedarnya membuktikan anda adalah Pemilik akal sehat.

 
Support : Creating Website | Assaewad | Sae-Net
Copyright © 2013. saewad - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Saewad